Kali ini saya akan berbagi tips tentang penempatan letak iklan Adsense yang sesuai Google Penguin. Bagi blogger yang berkecimpung di dunia monetasi, khususnya Google Adsense mungkin beberapa minggu ini terkena dampak Google Penguin. Ya, Google sekarang telah mengubah alogaritmanya yang baru terupdate bulan April kemarin. Google Penguin sekarang lebih garang dari pada Google Panda. Banyak situs ataupun blog yang hilang dari SERP Google. Banyak juga situs yang trafiknya menjadi turun drastis. Akibatnya, Earning dari Google Adsense pun menjadi sedikit juga.

Dalam penempatan iklan adsense, Google penguin juga memberikan penilaian yang cukup signifikan. Hal ini dikarenakan banyak iklan yang sengaja dibuat mirip dengan konten, sehingga banyak pencari informasi dari Google yang tertipu. Sehingga membuat kredibilitas Google sebagai mesin pencari nomor wahid banyak diprotes pengguna internet. Mereka banyak tertipu dengan mengklik iklan yang tidak sesuai dengan yang mereka cari di internet.

Untuk mencegah dari amukan Google Penguin, dan meningkatkan Earning Adsense anda, sebaiknya dalam penempatan iklan di situs atau blog anda harus mempertimbangkan hal berikut ini, seperti yang dikemukakan oleh Blogodream :

  1. Jangan tempatkan iklan adsense di bawah postingan. Jika terpaksa, buatlah iklan gambar dan jangan iklan teks.
  2. Jangan tempatkan iklan teks di sidebar situs atau blog anda. baik itu kanan atau kiri. Ini bisa mengganggu pencari informasi.
  3. Tempatkan iklan teks dibawah postingan situs atau blog anda. Ini yang direkomendasikan oleh Google.

Nah, jika anda masih mendapatkan nilai klik yang sedikit dari iklanAdsense anda, tidak ada salahnya jika anda mulai ubah pikiran dan mencobanya sekarang. Anda bisa memonitornya dalam beberapa hari dan lihat hasilnya. Semoga klik Adsense anda bertambah banyak dan Earning adsense anda melambung.