Memang kalau tidak tahu itu menyakitkan, apalagi kalau tidak tahu plus tidak mau bertanya, nah itu akan lebih menyakitkan. Ceritanya begini, kemarin gw udah install wordpress di domain gw, rencananya si mo ganti merk yang laen, mo ganti pakai joomla. Sebelum install joomla, semua file dan database instalan yang lalu udah gw hapus semua, habis itu gw installah joomlah,  eh ternyata joomla terlalu ribet, (untuk sementara, karena gw lg males belajar permak joomla).

Nah, akhirnya gw delet lagi tuh file2 joomla ama databasenya, biar tidak bikin penuh hostingan, maklumlah gw pake yang murah meriah. Habis di delete mo instal lagi seperti semula, pake instalan yang lama, kebetulan instalasi di domain gw pakenya fantastico, biar lebih cepat. Ternyata gw instal lagi kaga bisa, ada peringatan “direktori not found” wah akhirnya gw bingung, sampai gw coba beberapa kali, masi tetep begitu. Sempat gw menyerah, tapi insting gw akhirnya menemukan permasalahannya, begini lebih jelasnya :

  1. Hasil instalan cms yang yang sukses lewat fantastico, file konfigurasinya terdapat di folder “/home/nama_accont/.fantasticodata”  disitu ada histori tentang cms apa aja yang telah kita install, sama di direktori mana dia ter-install.
  2. Seharusnya semua cms yang di install lewat fantastico harus di un-install juga lewat fantastico, kalau file instalasinya kalian delete tanpa un-install lewat fantastico, kaliah harus edit file yang bernama “installed_in_root.php”. Hapus baris “”
  3. Setelah kalian hapus, hapus juga folder dalam direktori “/home/nama_accont/.fantasticodata/nama_direktori” misalkan nama direktorinya “wordpress” nah folder “wordpressnya itu yang kalian hapus”.
  4. Habis itu kalian coba install lewat fantastico, pasti bisa.

Begitulah kelihatannya sepele tapi kalau tidak tahu ya bikin bingung, bagi yang awam tentunya.